Contoh Mad Wajib Muttasil dalam Surat al-Baqarah

Sahabat Rajin Doa, sudah lama sekali saya tidak membuat postingan artikel di dalam blog ini sebab sedang sibuk mengajar. Namun insyallah mulai saat ini saya akan rutin membuat berbagai postingan yang bermanfaat untuk anda semua.

Dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang Contoh Mad Wajib Muttasil dalam Surat al-Baqarah. Kenapa saya memfokuskan pada surat al-Baqarah? Supaya anda bisa mengecek sendiri bacaan ini di dalam surat tersebut.


Contoh Mad Wajib Muttasil dalam Surat al-Baqarah

Apa itu Mad Wajib Muttasil?

Mad Wajib Muttasil adalah salah satu jenis bacaan Mad (panjang). Sebab dibaca bacaan Mad Wajib Muttasil adalah apabila ada bacaan Mad (baik itu dalam bentuk fathah, kasroh atau dhommah) bertemu dengan huruf hamzah di dalam satu kalimah maka itu harus dibaca dengan bacaan Mad Wajib Muttasil.


Ciri bacaan Mad Wajib Muttasil adalah terdapat harokat panjang di atas harokat fathah atau kalau anak-anak mengaji lebih akrab memanggilnya dengan sebutan pesawat terbang. Sebab bentuknya lebih panjang dibandingkan dengan harokat yang lainnya.

Arti Mad Wajib Muttasil

Secara bahasa kata Mad Wajib Muttasil berasal dari 3 suku kata bahasa Arab, yang terdiri dari Mad, Wajib dan Muttasil.

Artinya, Mad ialah panjang. Wajib artinya harus, Muttasil artinya Berkumpul. Sehingga jika digabung berarti Panjang yang Harus Berkumpul.

Maksudnya bacaan ini dibaca panjang lantaran ada bacaan Mad yang berkumpul dengan hamzah/alif di dalam satu kalimat.

Cara Membaca Mad Wajib Muttasil

Untuk membaca bacaan Mad Wajib Muttasil yang benar, sahabat harus memanjangkan setiap kalimat yang termasuk ke dalam bacaan Mad Wajib Muttasil.

Panjangnya tidak seperti Mad Thobi’i yang hanya 1 alif/2 harokat. Melainkan panjang Mad Wajib Muttasil ialah 2,5 alif (5 harokat).

Jadi cara membacan Mad Wajib Muttasil haruslah panjang sampai 5 harokat. Sehingga saat anda menemui bacaan ini haruslah berhati-hati. Pastikan cara membacanya benar-benar telah mencapai 5 harokat.

Contoh Mad Wajib Muttasil di dalam Surat al-Baqoroh

Berikut ini kami sajikan 6 contoh bacaan Mad Wajib Muttasil:
  • اُولَئِكَ  Cara membacanya adalah Ulaaaaa Ika, terdapat pada surat al-Baqoroh ayat 5
  • سَوَاءٌ Cara membacanya adalah Sawaaaaa Un, terdapat pada surat al-Baqarah ayat 6
  • السُفًهَاءُ  Cara membacanya adalah Assufahaaaaa U, terdapat pada surat al-Baqarah ayat 13
  • أَضَاءَتْ Cara membacanya adalah Adhooooo At, terdapat pada surat al Baqarah ayat 17
  • مِنَ السَّمَاءِ  Cara membacanaya adalah Minassamaaaaa I, terdapat pada surat al Baqarah ayat 19
  • بِنَاءَ  Cara membacanya adalah Binaaaaa A, terdapat pada surat al Baqarah ayat 22

Untuk Contoh lebih banyak silahkan baca 100+ Contoh Mad Wajib Muttasil Beserta Surat dan Ayatnya

Cara Mudah Mengenali Bacaan Mad Wajib Muttasil

Sebenarnya mengenali bacaan Mad Wajib Muttasil itu terbilang mudah sekali. Ciri khas bacaan ini adalah setelah bacaan Mad di depannya adalah berupa huruf Hamzah.

Misalnya saja Contoh Nomor 5 di atas. Pada lafad Minassamaaaaa I tersebut, ada bacaan mad (Panjang) yang berada ada kata Maa. Di depan kata Maa tersebut ada huruf Hamzah. Sehingga yang awalnya berupa bacaan Mad Thobi’i kini berubah menjadi Mad Wajib Muttasil.

Demikianlah informasi mengenai Contoh Mad Wajib Muttasil dalam Surat al-Baqarah yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Mad Wajib Muttasil dalam Surat al-Baqarah"

Posting Komentar