Contoh Bacaan Ikhfa’ Lengkap Beserta Suratnya

Contoh Bacaan Ikhfa’ Lengkap - Salah Satu Bacaan tajwid di dalam hukum Nun Sukun dan Tanwin yang wajib dikuasi adalah mengenai Ikhfa’.

Tentu yang dimaksud di sini adalah mengenai Ikhfa’ Haqiqi. Ini untuk membedakan bacaan ikhfa’ yang lainnya.

Perlu anda semuanya tahu bahwa macam-macam ikhfa’ ada dua, yaitu Ikhfa’ Haqiqi dan Ikhfa’ Syafawi. Nah yang akan kita bahas saat ini adalah yang pertama. Sedangkan yang kedua nanti akan kita bahas di kemudian hari.

Ikhfa’ merupakan salah satu bacaan yang banyak terdapat di dalam al-Quran. Bisa dipastikan hampir setiap lembar al-Qur’an terdapat bacaan Ikhfa’.

Maka dari itulah, kita semua harus bisa menguasai bacaan ini. Supaya cara membaca al-Qur’an yang dilakukan fasih dan bernilai pahala.


Contoh Bacaan Ikhfa’ Lengkap Beserta Suratnya

Dengan menguasai bacaan ikhfa’ maka kita dapat meminimalisir terjadinya kesalahan dalam membaca al-Qur’an.

Ini adalah sesuatu yang sangat penting. Sebab ketika kita salah dalam membaca kalimat di dalam al-Qur’an maka artinya otomatis akan berbeda.

Untuk itu, marilah kita sama-sama mempelajari secara mendalam bacaan ikhfa’ dengan membaca penjelasan berikut ini:

Apa itu Ikhfa’ Haqiqi?


Yang dimaksud dengan bacaan Ikhfa’ Haqiqi adalah apabila ada Nun Sukun atau Tanwin bertemu dengan salah satu dari huruf 15 yaitu, ت, ث, ج, د, ذ, ز, س, ش, ص, ض, ط, ظ, ف, ق, ك Maka wajib dibaca dengan bacaan Ikhfa’ Haqiqi.

Jadi apabila nanti anda dalam membaca al-Qur’an terdapat Nun Sukun atau Tanwin bertemu dengan salah satu dari huruf 15 di atas maka wajib anda baca sebagai bacaan Ikhfa’ Haqiqi.

Pelajaran mengenai bacaan Ikhfa’ Haqiqi ini biasa diajarkan setelah santri atau siswa mempelajari dan menguasai bacaan Idgham Bi La Ghunnah.


Baca juga: Contoh Idgam Bi La Ghunnah Lengkap

Sebab memang bacaan Ikhfa’ Haqiqi ini menempati urutan keempat dalam Hukum Bacaan Nun Sukun dan Tanwin.

Contoh Ikhfa’ Beserta Suratnya


Nah dalam sub Bab pembahasan ini saya akan memberikan beberapa contoh bacaan Ikhfa’ beserta suratnya.

 Untuk Contoh yang Lebih Banyak Silahkan Baca : 100+ Contoh Ikhfa’ Haqiqi Beserta Suratnya

Saya mengambil beberapa contoh berikut ini pada QS al-Baqarah. Anda bisa mengeceknya sendiri. Perhatikanlah contoh-contohnya berikut ini:
  • يُنْفِقُوْن sebabnya ada Nun Sukun bertemu dengan Fa’. Cara Membacanya Yunnfiquuna
  • اُنْزِلَ  Sebabnya ada Nun Sukun bertemu deng Za’. Cara Membacanya Unnzila
  • مِنْ قَبْلِكَ  Sebabnya ada Nun Sukun bertemu dengan Qaf. Cara Membacanya Minnqablika
  • ءَاَنْذَرْتَهُمْ  Sebabnya ada Nun Sukun bertemu dengan Dzal. Cara membacanya a anndzartukum
  • شِهَابٌ ثَاقِبٌ Sebabnya ada Tanwin Dhommah bertemu dengan Tsa’. Cara membacanya Syihaabunn tsaaqib
  •  عَيْنٌ جَارِيَةٌ Sebabnya ada Tanwin Dhommah bertemu dengan Jim. Cara membacanya ‘Ainunn Jaariyah
  • يُنْشِئُ Sebabnya ada Nun Sukun bertemu dengan Syin. Cara membacanya Yunnsyiu
  • بِقَلْبٍ سَلِيْمٍ Sebabnya ada Tanwin kasroh bertemu dengan Sin. Cara membacanya Biqolbinnsaliim
  • اَنْدَادَ  Sebabnya ada Nun Sukun bertemu dengan Dal. Cara membacanya Anndaada
Nah cukup banyak bukan? Saya sengaja tidak menyebutkan semua contoh huruf bacaan Ikhfa’. Tujuan saya supa anda mau belajar mencarinya sendiri di dalam al-Qur’an.

Bagi anda para pelajar yang mendapatkan tugas mencari contoh bacaan Ikhfa’, contoh di atas bisa anda jadikan sebagai referensi untuk menyelesaikan tugas anda.

Cara Membaca Ikhfa’


Selanjutnya yang harus anda kuasai adalah mengenai cara membaca Ikhfa’. Hal ini sangat penting sebab poin utama dalam mempelajari Ilmu Tajwid adalah tentang cara membaca.

Cara membaca Ikhfa’ adalah dengan menyamarkan huruf. Yang disamarkan di sini adalah Nun Sukun atau tanwin yang bertemu dengan salah satu huruf Ikhfa’ tersebut.

Misalnya saja pada contoh pertama di atas. Secara tulisan, kata tersebut berbunya Yun Fiquuna. Namun karena itu bacaan Ikhfa’ maka Nun Sukun harus samar. Sehingga menjadi Yunnfiquuna.

Seperti juga pada contoh kelima. Secara tertulis berbunyi Syihaabun tsaaqib. Namun karena di situ ada Tanwin Dhommah bertemu dengan Tsa’ maka memcanya Syihaabunn tsaaqib.

Huruf nun sukun atau tanwin ditekan agak lebih panjang sehingga menjadi kata yang samar. Begitulah cara membaca ikhfa’ yang benar.

Arti Ikhfa’


Secara bahasa, ikhfa’ berarti samar. Sehingga dari sini jelas mengapa setiap bacaan ikhfa’ harus dibaca samar? Sebab arti ikhfa’ sendiri adalah samar.

Sementara Haqiqi berarti sebenarnya. Jadi ikhfa’ Haqiqi secara bahasa bermakna samar yang sebenarnya.

Jadi ketika anda menemui bacaan ikhfa’ di dalam al-Qur’an tidak boleh dibaca secara jelas. Anda harus menyamarkan Nun Sukun atau Tanwin yang bertemu dengan salah satu huruf ikhfa’.

Penutup


Bagaimana sahabat kaum muslimin. Apakah anda sudah memahami mengenai bacaan ikhfa’. Semoga dengan membaca artikel saya yang berjudul Contoh Bacaan Ikhfa’ Lengkap Beserta Suratnya anda memhami bacaan Ikhfa’.

Sehingga ketika anda membaca al-Qur’an dapat membacanya dengan fasih dan benar. Hafalkanlah huruf ikhfa’ yang berjumlah 15 itu semuanya supaya ketika nanti anda menjumpainya dalam al-Qur’an dapat langsung mengenalinya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Bacaan Ikhfa’ Lengkap Beserta Suratnya"

Posting Komentar