Contoh Idgham Bilaghunnah Lengkap

Contoh Idgham Bilaghunnah Lengkap - Salah satu bacaan tajwid dalam hukum Nun Sukun dan Tanwin yang harus anda kuasai adalah mengenai Idgham Bilaghunnah.

Bacaan Idgahm Bilaghunnah merupakan salah satu bacaan yang banyak sekali terdapat di dalam al-Qur’an. Sehingga kita semua harus bisa menguasainya dengan baik supaya ketika membacanya bisa dilakukan dengan benar.

Saya rasa anda semua pasti sudah tahu, jika dalam membaca al-Qur’an tidak boleh sampai keliru dalam mengucapkan lafadz. Apabila sampai keliru hal itu bisa mengakibatkan kesalahan arti. Maka dari itu anda harus fasih dalam membaca setiap kata dalam al-Qur’an.

Termasuk ketika membaca setiap kata atau kalimat yang termasuk ke dalam bacaan Idgahm Bilaghunnah.

Hal ini sangat penting sekali, mengingat cara membaca bacaan Idgahm Bilaghunnah dengan tulisan yang terlihat itu berbeda. Oleh karena itu saya anjurkan anda untuk membaca penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Contoh Idgham Bilaghunnah Lengkap


Apa yang dimaksud dengan Idgham Bilaghunnah?


Yang dimaksud dengan bacaan Idgham Bilaghunnah adalah apabila ada Nun mati (Sukun) atau Tanwin (Tanwin Fathah, Tanwin Kasroh dan Tanwin Dhommah) bertemu dengan salah satu dari huruf 2 yaitu   ل (lam),  ر (Ro’) Maka wajib dibaca dengan Idgham Bilaghunnah.

Jadi ketika anda sedang membaca al-Qur’an dan di sebuah kalimat terdapat Nun Sukun atau tanwin bertemu dengan salah satu dari kedua huruf tersebut maka dapat dipastikan itu adalah bacaan Idgham Bilaghunnah.

Sebenarnya cukup mudah sekali untuk mengidentfikasi bacaan Idgham Bilaghunnah, sebab hurufnya hanya dua saja yaitu ل (lam),  ر (Ro’).

Bacan tajwid Idgham Bilaghunnah biasa diajarkan setelah siswa atau santri mempelajari bacaan Idgham Bighunnah.

Lho kok namanya hampir sama? Barangkali bagi anda yang masih awal mempelajari ilmu tajwid bertanya-tanya ada dua bacaan yang namanya hampir sama.

Ini hal yang sangat wajar. Sebab pada dasarnya bacaan Idgham Bilaghunnah memang kebalikannya dari bacaan tajwid Idgham Bighunnah.

Baca juga: Kumpulan Contoh Idgam Bighunnah

Kebalikan di sini maksudnya adalah berkaitan dengan cara membacanya. Jika cara membaca Idgham Bighunnah adalah memasukkan dengan mendengung. Maka Idgham Bilaghunnah cara membacanya ialah memasukkan dengan tidak mendengung. Untuk lebih jelasnya akan saya bahas pada sub pembahasan di bawah.

Contoh Idgham Bilaghunnah


Nah sekarang kita masuk dalam judul utama pada artikel kali ini yaitu tentang contoh Idgham Bilaghunnah.

Di bawah ini akan saya berikan beberapa contoh bacaan dari Idgham Bilaghunnah. Harapannya supaua anda semua bisa memahaminya secara penuh.

  • مِنْ لَدُنْكَ sebabnya ada Nun Suku Bertemu Lam. Cara membacanya adalah Mil Ladunka
  • هُدًى لِّلْمُتَّقِيْنَ sebabnya ada tanwin Fathah bertemu dengan Lam. Cara membacanya adalah Hudal lil Muttaqiin
  • مِنْ رَّبِّهِمْ sebabnya karena ada Nun Sukun bertemu dengan Ro’. Cara membacanya adalah Mir Robbihim
  • وَلكِنْ لاَّيَشْعُرُوْنَ sebabnya karena ada Nun Sukun bertemu dengan Lam. Cara membacanya adalah wa laa kil laa yasy’uruun
  • ظُلُمَتٌ لاَّيُبْصِرُوْنَ sebabnya karena ada Tanwin Dhommah bertemu dengan Lam. Cara membacanya adalah Dzulumaatul laa yubshiruun
  • ثَمَرَةٍ رِّزْقًا sebabnya karena ada Tanwin Kasroh bertemu dengan Ro’. Cara membacanya adalah Tsamarootir Rizqon
  • مِنْ رَّبِّهِ sebabnya karena ada Nun Sukun bertemu dengan Ro’. Cara membacanya adalah Mir Robbihim.
Nah cukup banyak kan contoh yang saya sajikan. Bagi anda yang mendapat tugas mencari bacaan Idgham Bilaghunnah boleh menyalinnya.

Cara Membaca Idgham Bilaghunnah


Ini adalah bagian paling penting yaitu mengenai cara membaca bacaan Idgham Bilaghunnah. Seperti yang sudah saya utarakan di atas bahwa dalam membaca bacaan ini anda harus memasukkan dengan tidak mendengung.

Maksudnya bagaimana? Untuk lebih jelasnyasaya menggambil contoh pada nomor satu di atas. Secara harfiah, tulisannya dibaca “Min Ladunka”. Namun karena di situ adaa Nun Sukun bertemu dengan Lam maka cara membaca harus dimasukkan hingga menjadi “Mil Ladunka”.

Pada contoh terakhir juga, di situ dituliskan Min Robbihi. Namun karena itu ada Nun sukun bertemu dengan Ro’ maka Nun sukunnya hilang dan langsung masuk ke huruf Ro’. Sehingga dibaca menjadi “Mir Robbihi”.

Yang dimaksud dengan memasukkan dengan tida mendengung dalam bacaan Idgham Bilaghunnah adalah huruf Nun Sukun atau tanwin dihilangkan dan langsung masuk kepada huruf Lam atau Ro’ yang berada di depannya.

Arti Idgham Bilaghunnah


Idgham Bilaghunnah berasal dari bahasa arab yang terdiri dari 3 suku kata, yaitu Idgham artinya Memasukkan, Bila artinya degan tidak, Ghunnah artinya mendengung.

Jadi jika ketiga kalimat tersebut digabung akan menajadi memasukkan dengan tida mendengung. Penamaan ini dilatar belakangi dari cara membaca bacaan Idgham Bilaghunnah seperti yang sudah saya jelaskan di atas.

Penutup

Bagaimana, sudah sangat jelas sekali bukan? Saya rasa anda semua akan dengan sangat mudah memahaminya. Tinggal bagaimana anda sekarang mempraktikannya setiap hari ketika sedang mengaji al-Qur’an.

Sebab tanpa praktik langsung, maka apa yang anda ketahui ini akan mudah terlupakan. Demikian pelajaran mengenai Contoh Idgham Bilaghunnah yang dapat saya sampaikan kebada anda semua.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Idgham Bilaghunnah Lengkap"

Posting Komentar