Bulan Sya’ban 2017

Bulan Sya’ban 2017 – Tak terasa pergantian waktu terasa begitu cepat sekali, dan alhamdulillah kita berkesempatan untuk bertemu kembali dengan salah satu bulan istimewa dalam perhitungan tahun hijriyah.

Bulan yang saya maksud tersebut adalah Sya’ban. Bulan Sya’ban merupakan  bulan ke delapan dalam perhitungan Tahun Hijriyah. Tentunya Sahabat Rajin Doa sudah sangat familiar dengan bulan ini.

Dengan datangnya bulan Sya’ban, maka itu tandanya sebentar lagi kita akan berjumpa dengan sebuah bulan yang penuh kemuliaan dan keberkahan yang bernama Ramadhan.

Bulan Sya’ban merupakan salah satu bulan yang sangat diagungkan dan memiliki berbagai kelebihan tersendiri dibandingkan dengan bulan yang lainnya.

Bulan Sya’ban 2017


Dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya, ““Sya’ban ialah bulanku (Nabi Muhammad), Ramadhan ialah bulan Allah. Sya’ban ialah bulan yang menyucikan dan Ramadhan ialah bulan penghapusan dosa”.

Dari hadits tersebut, dapat kita ketahaui bahwa Sya’ban adalah bulannya rasulullah. Pada bulan ini sangat baik sekali untuk menyucikan diri dari segala macam dosa baik yang sudah diperbuat ataupun belum.

Bagi orang jawa, Sya’ban juga disebut sebagai Ruwah. Karena kemuliaan yang terkandung dalam bulan ini, banyak dari masyarakat jawa yang memilih melaksanakan berbagai khajatnya pada bulan Sya’ban. Misalnya, pernikahan, khitanan, membangun rumah dan lain sebagainya. Semua itu dilakukan untuk berharap mendapatkan keberkahan Bulan Sya’ban.

Bulan Sya’ban 2017


Bagi sahabat yang menantikan kedatangan bulan sya’ban pada tahun 2017, berikut ini kami sampaikan informasi lengkapnya.

Sesuai dengan perhitungan bulan hijriyah di kalender, bulan sya’ban 2017 jatuh pada tanggal 28 April 2017/1438 H. Tepatnya pada hari Jum’at Pon.

Jumlah hari dalam bulan sya’ban tahun ini ada 29 hari, karena berakhir pada Jum’at legi tanggal 26 April 2017. Mengenai akhir dari bulan Sya’ban Ini bisa berubah tergantung dari hasil Ru’yatul Hilal Kementerian Agama Republik Indonesia yang berkaitan dengan penentuan waktu awal Puasa Ramadhan.

Nah bagi anda yang ingin menunaikan hajatnya pada bulan sya’ban tahun 2017 ini, maka anda bisa memilih di antara 29 hari tersebut.

Keutamaan Bulan Sya’ban


Di dalam Bulan Sya’ban mengandung berbagai macam nilai keagungan yang sangat tinggi dalam sistem penanggalan tahun Islam atau hijriyah. Baik di dalam perputaran sejarah zaman dahulu maupun esensi/inti nilai ibadah yang terkandung di dalam bulan ini.

Adapun indiksi keagungan yang terdapat di dalam Bulan Sya’ban dikarenakan ada beberapa hal berikut ini :
  1. Di dalam bulan Sya’ban (bertepatan pada hari Selasa tanggal 15 Sya’ban) Allah SWT telah memerintahkan untuk melakukan perubahan terhadap arah kiblat umat islam dari yang mulanya Bait al-Muqaddis diubah menuju ke Ka’bah Baitullah.
  2. Di dalam bulan Sya’ban Allah SWT telah menurunkan sebuah ayat yang berisikan perintah untuk bershalawat kepada Rasulullah SAW yaitu QS. al-Ahzab: 56
Adapun beberapa keutamaan yang terdapat di dalam Bulan Sya’ban adalah sebagai berikut:
  1. Bulan Sya’ban ialah bulan di mana Nabi Muhammad SAW paling banyak melaksanakan puasa Sunnah.
  2. Bulan Sya’ban adalah bulan di mana diangkatnya amal umat manusia kepada Allah SWT
  3. Adanya malam Nisyfu Sya’ban, yaitu malam tanggal 15 di bulan sya’ban
  4. Dan masih banyak lagi yang lainnya.
Maka dari itu, ketika kita berkesempatan berjumpa dengan bulan sya’ban jangan pernah menyia-nyiakannya.

Gunakanlah waktu yang terdapat di bulan ini dengan melaksanakan berbagai amalan sholeh untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah.

Demikianlah informasi mengenai Bulan Sya’ban 2017 yang bisa saya sampaikan kepada anda semuanya.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bulan Sya’ban 2017"

Posting Komentar