Pondok Pesantren Kudus Referensi Belajar Agama Islam

Sejak dulu kota Kudus dikenal sebagai kota santri. Sebutan itu tidak lepas dengan banyaknya pondok pesantren yang sudah berdiri puluhan tahun. Orang dari berbagai kota, seperti Jepara, Demak, Pati, Semarang, Kendal, Purwodadi, dan bahkan dari luar pulau jawa banyak yang menuntut ilmu di kota ini. Bukan hanya belajar di pondok saja, namun sekolah di kudus juga sudah terkenal dalam pengajaran ilmu agama.

Pondok Pesantren Kudus Referensi Belajar Agama Islam


Selain sebagai kota santri, kudus juga sebagai kota kretek terkenal di Indonesia, seperti rokok Djarum, Sukun, dan sebagainya. Mayoritas penduduk kudus memang bekerja di pabrik sebagai pembatil rokok atau yang membuat lintingan rokok.

Pondok pesantren dan sekolah berbasis agama Islam di kodus sangat banyak sekali jumlahnya. Saking banyaknya, pondok pesantren dan sekolahnya itu tidak terletak dalam satu daerah, namun di berbagai kecamatan di kota kudus juga banyak ponpes yang familiar di telinga orang luar kota.

Wilayah Kota seperti di Menara Kudus, banyak pondok pesantren yang sudah terkenal. Pondok pesantren itu ada yang khusus pondok kitab, pondok hafalan qur'an, dan juga pondok qur'an dan kitab.

Berikut Daftar Pondok Hafalan al-Qur'an


Yanbu'ul Qur'an Dewasa(Asuhan KH. Ulin Nuha Arwani dan KH. Ulil Albab Arwani)

Yanbu'ul Qur'an Remaja (Khusus anak yang sekolah sambil menghafal al-Qur'an, alamat di Bejen Kota Kudus)

Yanbu'ul Qur'an Anak-Anak (Khusus anak-anak usia dini mulai dari usia 5 tahun).

Semua pondok pesantren Yanbu'ul Qur'an baik itu tingkatan dewasa, remaja, maupun anak-anak, berada di bawah naungan yanbu' pusat.

Selain itu, ada pondok khusus tahfidz al-Qur'an juga yakni pondok pesantren Daar Al-Furqon dan Pondok Mardliyah.

Kedua Pondok tersebut berada di sebelah selatan menara Kudus. Pondok Daar Al-Furqon diasuh oleh KH. Abdul Basyid sedangkan Pondok Mardliyah diasuh oleh KH. Munir Hisyam Hayat.

Di ponsok tersebut kebanyakan berisi orang-orang dewasa yang secara khusus menghafalkan al-Qur'an tanpa sekolah. Apabila ada anak yang ingin sekolah sambil menghafal al-Qur'an, maka bisa menitipkan anak di pondok ini.

Kemudian pondok pesantren kitab di sekitar kota kudus juga sangat banyak sekali. Mulai dari pondok milik KH. Ma'ruf Irsyad, Pondok KH. Arifin Fanani, Pondok KH. Taufiqurrohman, Pondok KH. Raden Asnawi, dan lain-lain. Yang jelas pondok kitab jumlahnya sangat banyak.

Referensi Sekolah di Kudus

Sekolah yang sudah terkenal di mata masyarakat adalah sekolah khusus laki-laki saja seperti TBS dan Qudsiyah.

Kedua sekolah tersebut mengajarkan pelajaran agama dengan para siswa laki-laki saja. Sedangkan siswi perempuan tidak ada. Jadi jika sekolah di sekolah tersebut akan dipenuhi jiwa laki-laki semua.

Para pengajar kedua sekolah itu terdiri dari para Kiyai, ustadz, dan sarjana. Dengan menggunakan materi kurikulum sekolah sendiri dan kurikulum kemenag, kedua sekolah tersebut semakin menjadi banyak buruan orang. Hal ini karena mengajarkan ilmu agama dan ilmu umum/sosial.

Sedangkan sekolah untuk prempuan yang popular adalah Banat dan Mu'alimat. Kedua sekolah tersebut juga khusus perempuan semuanya. Pelajaran yang diajarkan adalah materi pelajaran agama dan pelajaran umum.

Sedangkan yang sekolah yang terkenal selanjuntnya adalah MAN dan MTSn Kudus. Man Kudus sangat terkenal dengan sejumlah prestasinya. Dan banyak pula orang tua yang menyekolahkan anak mereka di sini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pondok Pesantren Kudus Referensi Belajar Agama Islam"

Posting Komentar